Prospek Kerja Lulusan

Berikut adalah prospek kerja lulusan program studi Teknik Elektro berdasarkan okupasi sesuai dengan Standar KKNI. Deskripsi jabatan dikutip dari kesesuaian dengan uraian Klasifikasi Jabatan Baku Indonesia (Buku KBJI, 2014):

No. Bidang Pekerjaan Deskripsi
1. Teknisi Robotika (3119.02) Teknisi robotika membangun, menginstal, menguji, atau memelihara peralatan robotik atau sistem produksi otomatis terkait.
2 Ahli Teknik Teknologi Elektro (215) Ahli teknik teknologi elektro melakukan penelitian dan mendesain, menyarankan, merencanakan dan mengarahkan pembangunan dan pengoperasian sistem elektronik, listrik dan telekomunikasi, komponen, motor, dan peralatan.
  3 Production Engineer Production Engineer mempelajari, memantau, menguji, dan membuat rekomendasi untuk semua peralatan perusahaan pada proses produksi. Memiliki pengetahuan dan keahlian yang luas tentang proses pembuatan dan produksi. Memiliki peran integral yang akan membantu memajukan perusahaan mereka dan meningkatkan produktivitas.
4 Manufacturing Engineer Manufacturing Engineer bekerja untuk memperbaiki proses pembuatan produk seperti makanan dan minuman, plastik, obat-obatan dan otomotif di perusahaan manufaktur.
5 Plant Automation Engineer   Plant Automation Engineer bekerja untuk merancang dan menerapkan teknologi manufaktur untuk mengotomatisasi proses produksi. Seorang Plant Automation Engineer  biasanya harus menguasai dasar kontrol, Dasar sistem atau dasar instrumentasi.
6 Automotive Electromechanical Design Engineer Automotive Electromechanical Design Engineer bekerja untuk merancang dan mengembangkan produk di dunia otomotif, serta mempunyai pengetahuan mengenai standar produksi masal suatu produk otomatis.
7 Technopreneur Technopreneur adalah berwirausaha dengan menjalankan bisnisnya menggunakan basis teknologi.
8 Akademisi (23) Akademisi dalam bidang Teknik Elektro, yaitu lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam bidang keahlian Teknik Elektro untuk meningkatkan kapasitas dirinya sebagai calon tenaga akademik.